WASPADA Gorengan/cemilan picu Kanker USUS

makan gorengan ataupun cemilin mungkin terasa asik dan menyenangkan namun bila aktivitas tersebut dilakukan dengan terus menerus dan tanpa batasab yang jelas justru akan memicu keluarnya penyakit yang membahayakan bagi anda penggemar cemilan dan gorengan,salah satunya dengan memicunya kanker usus dalam perut.

 Cemilan, seperti keripik, gorengan dan soda dapat meningkatkan pertumbuhan polip di usus besar, sehingga menaikkan risiko kanker usus besar (kolorektal).

Di Asia, kanker usus besar sangat rentan menyerang orang dengan sindrom Lynch. Hampir 70 persen penderita sindrom Lynch akan mengembangkan kanker kolorektal.

Sindrom Lynch merupakan kondisi yang diwariskan akibat kelainan genetik sehingga membuat seseorang rentan terkena kanker di usia yang sangat muda. Penyakit ini mempengaruhi satu dari 660 orang.

Namun, orang sehat juga bisa memiliki risiko yang sama karena mengadopsi pola makan tidak sehat. Penelitian sebelumnya telah mengungkapkan keseringan minum alkohol dan mengonsumsi daging merah juga turut mendukung naiknya risiko kanker usus besar.

apa toh yang dimaksud dengan Kanker Usus Besar:

 Kanker usus besar atau kanker kolorektal, termasuk pertumbuhan sel kanker pada usus, anal dan usus buntu. Kanker ini adalah salah satu dari bentuk kanker yang paling umum dan penyebab kedua kematian yang disebabkan oleh kanker di dunia Barat. Kanker usus besar menyebabkan 655.000 kematian di seluruh dunia setiap tahun. Banyak kanker usus besar yang diketahui berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat konstipasi yang terlalu lama. Perkembangan polip tersebut kadang-kadang berkembang menjadi kanker. Terapi untuk kanker ini biasanya melalui operasi, yang biasanya diikuti dengan kemoterapi.

 Pencegahan

Diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi kopi secara rutin ternyata memiliki 15 persen risiko lebih kecil terkena kanker usus. Sedangkan, mereka yang minum enam gelas atau lebih, maka risiko terserang kanker usus berkurang hingga 40 persen. Lalu, janganlah jajan sembarangan, karena kita tidak tahu apa yang terkandung di dalam jajanan yang akan kita makan. Usahakan menghindari sembelit, karena tumpukan tinja dapat menyebabkan kanker usus besar.

 sumber :ane dapat dari baca artikel dimari gan http://id.she.yahoo.com/kurangi-ngemil-keripik-dan-gorengan-072804509.html
 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip