Tips cegah kebakaran ala PLN


Kebakaran makin sering melanda Jakarta. Salah satu penyebab kebakaran yang kerap jadi kambing hitam adalah korsleting listrik. PLN menyatakan tak semua kebakaran disebabkan korsleting.
seperti yang ditulis dalam surat berita detik.com dijelaskan bahwa tidak semua kebakaran disebabkan oleh listrik ada sebab lain yang menyebabkan kebakaran yang sekarang ini sering terjadi,berikut ini cuplikan dari dari berita tersebut:

"Paling mudah memang menyatakan korsleting listrik, padahal belum tentu itu penyebabnya. Tak Semua Kebakaran disebabkan korsleting," kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto kepada detikcom, Sabtu (25/8/2012).

Bambang mengatakan, PLN sendiri telah menyiapkan pengamanan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik. Pengamanan itu berupa sikring yang dipasang di setiap rumah pelanggannya.

"Kita sudah siapkan sikring sebagai pengaman untuk mencegah korsleting listrik," katanya.

Meski demikian, Bambang mengatakan untuk mengetahui dengan pasti apakah korsleting listik benar-benar menjadi penyebab kebakaran bukanlah pekerjaan yang mudah. Hal ini disebabkan material yang akan diselidki ikut hangus dalam kebakaran itu.
Kebakaran makin sering terjadi di Jakarta. PLN memberikan beberapa tips agar kebakaran akibat masalah kelistrikan tidak terjadi di perumahan di Jakarta.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto, Sabtu (25/8/2012), menyatakan ada 4 hal yang harus diperhatikan oleh warga agar tidak terjadi kebakaran di perumahan penduduk.

4 Masalah kelistrikan yang harus diperhatikan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Gunakanlah material standar untuk kabel listrik, stop kontak dan alat-alat listrik lainya. Material standar ini ditandai dengan adanya logo Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Lembaga Masalah Kelistrikan (LMK).

"Warga bisanya tergoda harga miring dan tidak memperhatikan masalah material yang digunakan padahal sangat berbahaya," kata Bambang.

2. Jangan menumpuk-numpuk stop kontak di satu sumber listrik. Karena hal ini bisa membuat kabel listri kelebihan muatan dan menyebabkan kabel meleleh.

"Kalau ada kertas atau material lainnya saat kabel meleleh bisa terjadi kebakaran," katanya.

3. Instalasi listrik di rumah harus diperiksa. Untuk rumah baru diperiksa setelah 10 tahun sekali, sedangkan untuk rumah yang lebih tua diperiksa 5 tahun sekali.

"Ini untuk memastikan instalasi listrik masih bagus," katanya.

4. Jangan melakukan pencurian listrik baik dengan cara mencantol listrik ke jaringan atau dengan mengutak atik meteran listrik. Hal ini sangat berbahaya dan bisa meningkatkan peluang kebakaran.

sumber:http://news.detik.com/read/2012/08/25/112306/1998686/10/4-tips-mencegah-kebakaran-versi-pln?9922022

4 komentar:

Vicio rizky said... Replay

hmm thx atas infonya

anto poenya enthik said... Replay

@Vicio rizkysama-sama gan terima kasih sudah setia mereview blog ini

PPOB said... Replay

kebanyakan karna menumpuk-numpuk stop kontak di satu sumber listrik. jadinya sering konslet.. :D

anto poenya enthik said... Replay

@PPOBbenar gan selalu menempatkan unsur efisien dan ekonomis dengan mengabaikan unsur keselamatan,terima kasih sudah mampir di blog ini

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip