Bahaya Tidur Dengan mata terbuka sedikit

Tahukah sobat bahwa orang yang tidur dengan mata sedikit terbuka /seperti orang mengintip ternyata mempunyai dampak/efek buruk bagi kesehatan tubuh khususnya pada bagian penglihatan mata anda.



Kita sering mendapati orang yang tidur dengan mata terbuka / kelopak mata tidak terpejam sempurna. Walau begitu orang tersebut sedang tidur nyenyak. Meski ada gangguan, orang tersebut tidak juga terbangun. Menurut dr Sawitri Boengas SpM, jika tau ada saudara, teman, suami, istri atau anak yang mengalaminya, upayakan membantu memejamkan kelopak mata.

Tindakan tersebut untuk menghindari kekeringan pada kornea mata, saranya. Kelopak mata yang tidak tertutup penuh memungkinkan indra penglihatan terekpos dunia luar dalam waktu lama. Padahal refleks mengedip saat tidur tidak sekuat dan sesering saat seseorang terjaga. Lama-lama mata bisa kering. Itu seharusnya dihindari, terang spesialis mata dari RS Husada Utama Surabaya itu.

Refleks berkedip, terang dia, merupakan respon tubuh utuk melindungi mata. Bentuk perlindungannya adalah memompa air mata keluar agar organ penglihatan tetap terlindung. Air mata akan dibuang melalui saluran air mata. Lokasinya disudut kelopak mata dekat pangkal hidung. Saluran tersebut masuk ke hidung dan berakhir ditenggorokan, jelasnya. Sebab itu, saat menangis, selalu keluar ingus bening dari hidung.

Efek mata kering, lanjut Sawitri, sangat cepat terjadi pada pasien yang mengalami penurunan kesadaran. Misalnya, pasien yang dianestesi saat menjalani operasi. Atau, pasien yang mengalami koma (tak sadar). Jika kelopak matanya tak segera ditutup, dalam satu-dua hari mata pasien akan mengering.

Sawitri mengatakan, biasanya dokter dan paramedis langsung merapatkan kelopak mata pasien saat obat bius sudah bekerja. Bisa juga memanfaatkan plester dan obat tetes mata yang berfungsi sebagai pelumas. Pemberian obat tetes mata itu menggantikan peran air mata, paparnya.

http://www.pusat-obatherbal.com/tidur-dengan-mata-terbuka

6 komentar:

Vicio rizky said... Replay

infonya keren. ak aja bru tahu ada orang yg tidur tp tidak bener2 terpejam kelopaknya

Anonymous said... Replay

Keponakan saya kalau tidur matanya tidak terpejam seperti tidak tidur saja.normalkah dok?

Anonymous said... Replay

Sya sendiri pun bgitu

Unknown said... Replay

Suami dan kedua anak saya 10 tahun dan baby 8 bulan pun tidur dengan kelopak mata yg sedikit terbuka😯

Unknown said... Replay

Suami dan kedua anak saya 10 tahun dan baby 8 bulan pun tidur dengan kelopak mata yg sedikit terbuka😯

Nia Angel said... Replay

Anak q jg klo tdr matax trbuka sprti tdk tdr ...knpa itu ya normalkah...tp aq dgr mitos klo ank matax melek saat tdr ktx anak itu pinter

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip