Gejala DINI LEUKIMIA pada ANAK-ANAK

Leukimia atau kanker karena sel darah putih terlalu banyak dan sampai saat ini belum pasti ditemukan obat untuk mengobatinya,penyakit ini disebabkan karena jumlah trombosit/sel darah putih tidak seimbang dengan sel darah merah sehingga mengganggu produktivitas sel di sumsum tulang belakang.

  Alangkah baiknya waspada akan bahaya leukimia dengan cara mengetahui gejala dini pada penderita ini utamanya pada anak-anak karena pada dasarnya anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan sehingga sangat rawan akan penyakit ini.Gejala leukemia pada anak-anak tergantung sejauh mana sel-sel leukemia mengambil alih sumsum tulang dari sel-sel darah lain yang sehat.

berikut ini beberapa gejala dini pada penderita leukimia pada anak-anak:

1. Anemia
Anemia adalah disebabkan karena kurangnya sel darah merah dalam sumsum tulang. Hal ini dapat terjadi karena sel-sel leukemia mengganggu sel-sel darah merah, padahal fungsi sel darah merah sangat penting yaitu untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh.

Untuk mengetahui apakah anak Anda mengalami anemia, perhatikan tanda-tanda yang tampak seperti kelemahan, kulit pucat, dan sesak napas.

2. Trombositopenia
Trombositopenia adalah kondisi medis dimana sumsum tulang tidak menghasilkan trombosit dalam jumlah normal. Ketika sel leukemia mendesak sumsum tulang, produksi trombosit akan terganggu dan jumlahnya tidak memadai.

Trombositopenia biasanya ditandai dengan memar di tubuh dan kulit mudah sekali berdarah. Waspadai jika anak memiliki tanda memar-memar di tubuhnya dan periksakan ke dokter agar mendapatkan diagnosa yang tepat.

3. Infeksi
Sel-sel darah putih yang telah mengembangkan leukemia tidak lagi mampu memberikan perlindungan untuk melawan infeksi. Sehingga anak yang menderita leukemia akan lebih mudah mengalami infeksi seperti demam yang sering kambuh dan tidak akan sembuh total meskipun telah mendapatkan pengobatan demam.

4. Nyeri pada tulang atau sendi
Pertumbuhan berlebih dari sel-sel darah putih di tengah sumsum tulang anak akan membuatnya merasakan nyeri. Nyeri pada tulang atau sendi kadang dapat menyebabkan anak berjalan pincang atau mengeluh kesakitan yang tidak masuk akal pada tulang atau sendinya.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening
Bagian tubuh yang paling jelas untuk mendeteksi pembengkakan kelenjar getah bening adalah pangkal paha, leher, dada dan ketiak. Jika kelenjar getah bening pada dada anak terpengaruh, anak mungkin akan kesulitan bernafas, mengeluhkan rasa sakit di dada, mengi, atau batuk.

6. Nyeri perut dan penurunan nafsu makan     
Seorang anak yang menderita leukemia mungkin mengalami sakit perut atau pembengkakan karena pengelompokan sel-sel leukemia di limpa, hati atau ginjal. Karena rasa tidak nyaman di perut, anak mungkin akan kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan.

7. Sakit kepala
Sakit kepala pada anak Anda dengan leukemia mungkin karena invasi sel leukemia ke jaringan otak. Saat persimpangan invasi ini, anak dapat mengalami gangguan penglihatan ketika sel leukemia melalui jaringan di sekitar mata.

 Jika anak mengembangkan gejala-gejala di atas, belum tentu anak menderita leukemia sebelum dokter mendiagnosa penyakit tersebut melalui tes darah. Tetapi Anda perlu waspada dan segera memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih dini. Jadi alangkah baiknya sedia payung sebelum hujan artinya kenali gejala dini leukimia pada anak lebih baik dari pada sudah terjadi bukan?

 sumber:http://health.detik.com/read/2012/10/12/150004/2061246/1301/gejala-penyakit-leukemia-pada-anak

1 komentar:

Vicio rizky said... Replay

hmmm thanks atas tipsnya. cara cegahnya? komen back yaw

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip