PENDAPAT KELIRU TENTANG ROKOK


Sekarang ini perkembangan perokok diindonesia sangatlah memprihatinkan dikarena indonesia memdududki reokok tertinggi se ASEAN dan mendududki posisi ke 3 sedunia setelah cina dan india menurut suvey WHO tahun 2001.Peningkatan tingkat perokok diindonesia sendiri kurang dibarengi peran pemerintah dengan hanya mengusung slogan "jangan merokok bisa mengakibatkan kanker dst......."bisa dibaca ditiap kemasan rokok,sedangkan bagi individu sendiri masih berkembang beberapa anggapan/pendapat keliru seputar rokok



Merokok tidak menyakiti siapapun, kecuali diri saya sendiri

Faktanya, sekira 49.000 perokok pasif meninggal setiap tahun. Hal tersebut disebabkan ketika merokok, Anda memaparkan asap rokok kepada anak-anak, saudara, atau keluarga yang dapat mengakibatkan kanker paru, penyakit jantung, asma, ataupun penyakit lainnya.

Menghisap cerutu dan mengunyah tembakau aman karena tidak dihisap

Bukan hanya asap rokok yang dapat membunuh seseorang. Kematian akibat kanker pada pria perokok sekira 34 persen lebih tinggi dibandingkan yang tidak merokok. Mereka yang hanya mengunyah tembakau, berpotensi terkena kanker mulut yang berefek pada lidah, bibir, dan pipi.

Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian, sebanyak 6.300 perokok ringan (less tobacco) memiliki risiko meninggal akibat kanker dan penyakit jantung dua kali lipat lebih tinggi daripada non-perokok.

Merokok atau chewing tobacco dapat menurunkan tekanan darah

Hal tersebut tidak benar. Sebuah grup peneliti di Stockholm, Swedia, meneliti 135 orang sehat dengan kondisi tekanan darah tinggi. Setelah diukur, para peneliti menemukan bahwa mereka yang merokok ataupun mengunyah tobacco memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak merokok.

Jika saya hanya menggunakan rokok filter, menthol, ataupun dengan kadar tar yang rendah, maka saya akan baik-baik saja

Perokok-perokok tersebut akan menghisap rokok dengan lebih dalam untuk mendapatkan kadar nikotin yang mereka butuhkan akibat efek kecanduan. Meskipun menggunakan filter, nikotin, dan beberapa zat berbahaya lainnya tetap terhisap dan masuk ke tubuh.

Saya telah merokok selama bertahun-tahun, maka tidak ada gunanya jika saya berhenti sekarang

Jika Anda merokok, maka Anda memperpendek usia Anda. Berita baiknya ketika berhenti merokok, Anda tidak hanya memperlancar sistem pernapasan, juga memerbaiki indra pengecapan.

  Semoga dengan sedikit coretan diatas menambah dan membuka wawasan kita bahwa kesehatan itu mahal harganya...........
sumber:okezone.com

2 komentar:

Unknown said... Replay

prestasi yg ptut dibanggakan oleh indonesia dlm hal rokok slaen prestasinya d bdang korupsi. haha

Unknown said... Replay

@Vicio Rizky Damarnekus dada sob bukannya hal (+)dibanyakin malah hal (-) nya tumbuh subur semoga bangsa kita lekas bangun dari tidurnya sob,merdeka!!!

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip