diet karbohidrat perusak ginjal


Pernahkah agan-agan semua melakukan diet terutama diet karbohidrat dan bagi aganwati hendaknya membaca artikel dibawah ini karena disadari ternyata melakukan diet karbohidrat secara berlebihan dan membabi buta dapat merusak ginjal dan organ tubuh lainnya, mungkin tujuannya guna menjaga kesehatan dan bentuk tubuh yang idela tetapi malah menimbulkan efek penyakit dalam tubuh jadi berhati-hatilah dalam melakukan diet.
Beberapa studi klinis juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Namun menurut ahli gizi Dr. James Hill, diet rendah karbo dalam jangka panjang bisa merusak ginjal.

"Semua protein yang masuk ke dalam tubuh membuat ginjal harus 'kerja keras'. Tingginya kandungan protein karena diet ini bisa merusak ginjal. Namun jika dilakukan dalam jangka pendek kemungkinan tidak berbahaya," ujar Dr. Hill seperti yang dikutip dari WebMD.

Juru bicara British Dietetic Association, Sasha Watkins menambahkan, meniadakan sekelompok makanan hasilnya tidak pernah baik untuk kesehatan. Selain itu, diet rendah karbohidrat akan mempengaruhi energi dalam tubuh, bau mulut, sembelit, sakit kepala dan naiknya kolesterol.

Maka diet ini tidak bagus dilakukan untuk jangka panjang karena sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. "Makanan yang mengandung karbohidrat penting untuk energi, serat, vitamin, dan mineral. Jika pelaku diet menjalani program ini dalam jangka panjang maka akan membuat berat badan mereka kembali naik saat mulai makan karbohidrat," ujar Watkins.

Selain itu, kekurangan karbohidrat karena asupan yang sangat sedikit (umumnya, diet rendah karbo hanya mengonsumsi 20-30 gram karbohidrat atau setara selembar roti tawar) juga berpotensi meningkatkan risiko osteoporosis. Efek samping dari konsumsi protein yang berlebihan (misalnya hanya makan telur dan dada ayam setiap hari) adalah calcium excretion. Artinya, konsumsi protein yang tinggi meningkatkan zat asam dalam tubuh, sehingga membuat kalsium keluar dari tulang melalui urin. Hal itu bisa menyebabkan osteoporosis.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi, gandum, sayuran pati atau buah secara drastis. Biar bagaimanapun, karbohidrat tetap penting sebagai sumber energi dan bahan bakar utama untuk fungsi syaraf. Tetap penuhi kebutuhan akan nutrisi dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang lebih sehat, misalnya nasi merah, roti gandum, sayur dan buah.

 Jadi bila melakukan segala sesuatu yang berlebihan atau hbisa disebut over dosis memang tidak bagus dan tidak benar sehingga diperlukan program serta aturan yang benar untuk melakukan diet ,sebagai catatan kesehatan yang telah dianugerahkan dari sang pencipta kepada kita hendaknya dijaga dan dirawat karena kesehatan MAHAL harganya(bila kita sadari itu).

sumber rujukan:http://wolipop.detik.com/read/2013/02/15/101115/2170814/849/risiko-kesehatan-jika-menjalani-diet-rendah-karbohidrat
.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip