MACAM KERUSAKAN DAN CARA MENGATASI KERUSAKAN PADA RAMBUT

Rambut sebgai mahkota pada setiap manusia sangatlah rawan akan kerusakan dan bila dalam perawatannya tidak hati-hati maka yang akan terjadi rambut akan mudah rusak dan hilang akan pesona dari kilau rambut yang sehat.Bila rambut rusak dan kusam/kucel mungkin beberapa tulisan berikut bisa menginspirasi buat agan-agan semua tahu dan paham tentang berbagai macam kerusakan serta cara mengatasi kerusakan rambut tersebut.

  Seperti yang beberapa saat lalu blog ini telah menulis tentang penyebab kerusakan rambut maka kali ini akan memposting tentang berbagai kerusakan pada rambut dan bagaimana pula cara mengatasinya.
 Lapisan rambut rusak
Penyebab: Perlakukan berlebihan pada rambut seperti terlalu sering mengeringkan rambut atau menggunakan alat mencatok dengan suhu yang sangat panas. Rambut jadi terlihat kusam dan menipis. Terkadang warnanya berubah jadi kemerahan.

Cara mengatasinya: Gunakan shampo yang kaya pelembap (deep conditioning). Pelembap berguna untuk melapisi rambut yang rusak sehingga terlindung dari kerusakan lebih jauh. Selain itu pelembap juga bisa merangsang sel-sel rambut rusak untuk pulih sehingga helai rambut yang menipis bisa teratasi.

Rambut patah
Penyebab: Cara menyisir yang salah sehingga rambut mejadi patah-patah. Cara menyisir rambut yang salah membuat lapisan sel terluar rambut menjadi tumpang tindih. Itulah yang kemudian membuat kekuatan rambut menjadi menghilang dan mudah patah. Mengikatnya terlalu kencang juga memengaruhi. Begitu pun blow drying yang berlebihan, sehingga membuat rambut dehidrasi.

Cara mengatasi: Gunakan serum yang mengandung protein untuk rambut. Protein itu akan menghidupkan kembali sel rambut rusak sehingga rambut kembali subur. Shampo dengan formula ringan juga dapat membantu.

Rambut bercabang
Penyebab: Kutikula rambut menyebar tak terarah sehingga cabang-cabang rambut muncul karena menggosok rambut terlalu kencang.

Cara mengatasinya: Memotong cabangnya setiap 6 sampai 8 minggu sekali dengan mengembalikan kondisi rambut dari dalam tubuh; seperti memakan makanan kaya protein yang akan memancing kayanya zat keratin di rambut Anda untuk mencegah timbulnya rambut bercabang. Hentikan pula gosokan terlalu kencang setelah mandi di kepala Anda.

Rusak karena bahan kimia
Penyebab: Penggunaan bahan kimia dari proses pengeritingan atau meluruskan rambut merupakan beberapa penyebabnya. Rambut terlihat kemerahan karena ini. Pada beberapa kasus yang parah, pigmen rambut perlahan menghilang dan rambut menjadi berwarna tembaga. Rambut juga kusut dan kaku sehingga sulit diatur

Cara mengatasinya: Pilih shampo yang berbahan dasar natural sehingga tak menambah beban bahan kimia di rambut. Hentikan penggunaan bahan penata rambut seperti hair spray dan wax jika tak benar-benar diperlukan.

Melakukan perawatan rambut rutin seperti masker rambut alami secara teratur sampai rambut sehat kembali. Masker rambut bisa membantu mengembalikan keindahan rambut. Pilihlah bahan-bahan atau produk masker yang sesuai dengan jenis dan masalah rambut Anda..

sumber


 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip