Manfaat LIDAH sebagai Alarm kesehatan tubuh

Lidah sebagai indera perasa merupakan sinyal untuk mengetahui tingkat kesehatan seseorang selain sebagai perasa panca indera yang satu ini ternyata bisa dijadikan"alarm" guna mengetahui tingkat kesehatan tubuh agan-agan semua.

untuk lidah sehat sendiri memilik beberapa ciri ciri:Lidah yang sehat biasanya berwarna pink kemerahan, meskipun beberapa orang memiliki lidah dengan pola geometris merah-putih. Tetapi lidah juga dapat berubah warna jika kesehatan Anda bermasalah.Perhatikan perubahan warna pada lidah berikut untuk mewaspadai penyakit tertentu yang mendasarinya 

  berikut ini beberapa ciri lidah bila tubuh msedang mengalami gangguan kesehatan

1. Lidah hitam
Lidah yang berwarna kehitaman biasanya disebabkan karena seseorang mengambil obat yang mengandung bahan aktif bismuth subsalicylate, karena dapat menghitamkan lidah. Tetapi dapat pula terjadi karena diabetes, penggunaan antibiotik atau kesehatan mulut yang buruk dan menyebabkan lidah berwarna gelap.

2. Lidah merah terang

Ketika lidah berubah warna menjadi merah terang, Anda mungkin kekurangan folat dan vitamin B12. Jadi pastikan bahwa Anda telah makan atau mengambil multivitamin yang mengandung nutrisi tersebut.
Tetapi jika perubahan warna lidah tersebut disertai rasa sakit dan bengkak hingga menyebabkan kesulitan makan atau berbicara, Anda mungkin mengalami glossitis, yaitu kondisi peradangan yang dapat disebabkan oleh infeksi, reaksi alergi, dehidrasi dan masalah lainnya. Temui dokter untuk menentukan penyebab yang mendasarinya.

3. Bercak putih di lidah dan bagian dinding mulut

Hal ini dapat disebabkan karena sariawan atau infeksi jamur oral, yang mudah diatasi dengan menggunakan obat resep. Jika bercak putih tersebut menetap di mulut selama lebih dari 2 minggu, segera hubungi dokter.
Bercak putih yang bertahan hingga berminggu-minggu dapat mengindikasikan kanker atau lesi kanker yang berbahaya.

4. Lidah dan bibir sedikit pucat

Hal ini mungkin menjadi pertanda anemia, yang berarti Anda kekurangan sel darah merah. Ada banyak penyebab dari berbagai jenis anemia, termasuk periode menstruasi yang berat, fibroid dan bahkan karena mengambil aspirin atau ibuprofen terlalu banyak.
Sehingga Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengidentifikasi masalah-masalah mendasar sebelum Anda mencoba untuk mengobati masalah ini sendiri dengan suplemen.

5. Lidah sedikit berlendir

Jika lidah sedikit berlendir kehijauan atau kekuningan bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang berperang melawan infeksi, virus flu, atau lainnya, terutama jika Anda juga memiliki gejala seperti demam, batuk atau nyeri. Temui dokter jika kondisi ini terus berlanjut. 
 
 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip