IKHLAS



Dalam keseharian kita pastilah tidak luput dari sikap sosial kita terhadap sesama walaupun sikap tersebut tidaklah semu8a orang bisa memenuhinya dalam kehidupan yang serba komplek ini.apalagi didaerah ibu kota yang namanya sikap sosial bisa dibilang kurang dalam penerapan kehidupan bermasyarakat.



Salah satu contoh yang bisa kita ambil adalah sikap ikhlas dimana sikap tersebut membutuhkan pengorbanan untuk kepentingan bersama,sekarang ini ikhlas suatu kata yang mudah di ucapkan dalam lisan tapi dalam hati tidak lah orang lain tahu,mungkin sikap ini sering dipamer pamerkan kepada sesama hanya sekedar untuk mendaoatkn pujian dan sanjungan dari orang lain.

Bila dilihat arti yang sesungguhnya ikhlasa berati memberikan tanpa pamrih apapun hanya mengharapkan ridlo ILLAHI,keberkahan semoga selalu tercurah kepada orang yang memberi.tapi pabila dilihat sekarang ini sikap ikhlas mungkin sulit untuk di jalankan berdasarkan syareat yang ada...mengapa bisa di bilang demikian kita ambil contoh aja apabila kita mengasih uang kepada seorang pengemis mungkin kita secara lahir memberi tapi apa iya dalam batin kita mengikhlaskan uang yang kita kasih kepada orang tersebut(wallahu'aklam bishowwab).

Bila dalam bersosialisasi dengan tetangga apabila sikap ikhlas kita terapkan maka akan tercipta suasana yang harmonis dan mungkin akan tercipta lingkungan yang bernuansa kekeluargaan meskipun tidak ada sangkut pautan hubungan kekeluargaan,maka hendaknya lah kita selalu menerapkan sikap ikhlas dalam setiap sendi roda kehidupan baik secara khusus maupun secara luas dimana dengan penerapan yang sungguh-sungguh bisa mendatang keberkahan dalam kehidupan.

Alangkah indahnya bila keikhlasan ditanamkan pula dalam pemerintahan di mana tiap pejabat dari yang paling bawah sampai paling atas bila dalam melaksanakan amanat rakyat dijalankan dengan sikap IKHLAS tanpa mengharapkan embel-embel yang menguntungkan diri sendiri dan golongan, maka di jamin negeri yang terkenal dengan semboyan "gemah ripah loh jinawi" ini akan makmur,jaya sentosa dalam kehidupan rakyatnya.Tapi apakah hal diatas hanya merupakan impian dan harapan hanya Gusti Allah yang maha tahu dan tergantung juga sikap dari masing individu.

Semoga sikap IKHLAS selalu tertanam dalam relung hati kita masing-masing dan semoga kita tidak lelah dalam "BELAJAR ILMU IKHLAS".

JAKARTA,24 Maret




0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip