TERKIKISNYA BUDAYA LUHUR DENGAN "BUDAYA MOSING"


Sekarang ini budaya kita yang dulunya terkenal luhur,sopan santun dan adat istiadat yang kental telah mulai terkikis akan budaya yang tidak jelas ,budaya yang kurang adat istiadat serta tata krama yang mulai berkurang atau istilah dari saya bisa "budaya mosing".
   Kenapa saya bilang budaya mosing karena pada dasarnya budaya yang berkembang sekarang ini bukanlah budaya yang menggambarkan keluhuran,tata krama serta saling menghormati dan menghargai,budaya yang berkembang sekarang ini mengadosi budaya barat yang boleh dibilang budaya loe gue yang besifat negatif sehingga dalam keseharian dalam masyarakat sudah berkembang sifat individu yang tinggi serta sifat borjuis yang berlebihan.

  Memang tidaklah bisa dipungkiri hal ini bersumber dari media informasi yang kurang berperan aktif dalam memfilter info yang disuguhkan pada masyarakat(mungkin dengan dalil kebebasan pers) tapi tanpa filter yang tidak jelas maka secara tidak langsung mensugesti masyarakat untuk meniru bahkan membudayakan apa yang mereka lihat dan mereka tangkap.Peran serta dari masyarakat sendiri sangatlah diharapkan dalam
menerima segala informasi dari media agar tidak mudah tersugesti dan terpengaruh akan tayangan2 tersebut.

   Budaya mosing yang berkembang sekarang ini secara tidak langsung akan mengikis kebudayaan snediri dan secara tidak langsung juga merusak tatanan  kehidupan yang telah diwariskan dari para leluhur kita.Andaikan kita bisa bercermin dengan negara tetangga(jepang) mungkin kita akan menjadi bangsa yang maju,bangsa yang mumpuni serta menciptakan masyarakat yang madani tanpa harus kehilangan jati diri serta pribadi diri.Mungkin bisa digambarkan apa toh budaya mosing tersebut?
  Oke sebagai gambaran ringan budaya mosing salah satu contohnya:
  • seorang anak yang bicara tidak sopan kepada anak yang lebih tua.
  • seorang orang tua yang tidak bisa memberi contoh sopan santun kepada yang lebih muda.
  • masyarakat berlomba-lomba mengejar kekayaan duniawi dengan menghalalkan segala macam cara.
  • pola pikir yang tingkat keegoisan tinggi.
  • sudah berkurangnya sifat kegotong royongan dalam masyarakat
  • timbulnya masyarakat yang kritis tapi tanpa melihat fakta dan kenyataan
  dan mungkin masih banyak lagi budaya mosing yang ada disekitar kita mungkin sobat sudah tahu dan faham akan budaya mosing tersebut.

  Sekilas mungkin tidaklah berbahaya tapi bila kita pikir akan jadi apakah generasi penerus kita bila budaya mosing ii terus berkembang?kerusakan apa saja yang akan kita alami nantinya wallohu alam bishowab semoga tidaklah terjadi untuk kedepannya.

 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip