ATASI PERUT MOSING DENGAN MENU TEPAT SAAT BERBUKA

Pada saat puasa kita akan mengalami rasa lapar dan haus otomatis bila melihat makanan dan minuman akan semakin menimnulkan rasa lapar atau haus yang semakin menjadi sehingga dalam hal ini bisa disebut dengan "lapar mata" yaitu melihat semua makanan dan minuman terasa enakdan ingin mencobanyaatau istilahgampangnya perut mulai wagwug/mosing.Tapi akankan sobat sadari bahwa dengan mengkonsumsi makanan dan minuman asal akan justru akan memicu masalah kesehatan bagi tubuh.

  Dalam hal ini ada beberapa makanan serta minuman yang dianjurkan dan baik untuk dikonsumsi disaat berbuka puasa supaya kesehaatan dan kebugaran dalam tubuh bisa terjaga setelah menahan haus dan lapar.
Berikut ini 5 macam makanan dan minuman yang membantu menjaga kesehatan tubuh setelah puasa:

1.Air Putih
 
Apa yang menjadi hal pertama kamu konsumsi setelah adzan Maghrib berkumandang? Langsung menyantap gorengan? Atau es buah? 10 persen suplai air dalam tubuh kita akan menurun menjadi 2 persen ketika kita berpuasa. Itu adalah tanda dari dehidrasi yang akan menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, dan lelah.
Maka sangat dianjurkan sekali langsung meminum air putih disaat berbuka puasa. Agar oksigen dalam tubuh kita kembali normal. Pastikan meminum satu hingga 2 gelas terlebih dahulu sebelum menyantap makanan lainnya.

2. Buah yang kaya akan air

Biasanya buah-buah segar seperti semangka, anggur melon, menjadi penutup setelah makan besar. Namun, lain halnya saat berbuka puasa. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buah yang kaya akan air agar mudah untuk dicerna serta tubuh akan kembali dengan nutrisi serta energy dengan cepat. Hindari buah-buahan yang asam, seperti nanas dan belimbing. Karena kandungan asamnya tidak baik untuk pecernaan serta lambung.

3. Sup

Ketika kita sakit, pasti kita banyak mengkonsumsi sup. Begitu juga saat kita berbuka puasa, setelah mengkonsumsi buah-buahan ada baiknya kita makan sup. Sup yang mengandung sayur-sayuran sangat baik untuk tubuh dengan mengisi kembali vitamin serta mineral yang telah berkurang karena puasa.

4. Kentang

Setelah tubuh perlahan sudah beradaptasi dengan air putih, buah serta sup. Saatnya untuk mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat. Nasi juga mengandung karbohidrat, namun lain ketika kita sedang berbuka puasa. Baiknya kita mengkonsumsi kentang! Kentang mengandung beta-karoting, vitamin C dan potassium yang dapat memberikan energy untuk tubuh. Konsumsilah kentang, karena tidak akan membuat kadar gula darah kita langsung meninggi.

5. Telur

Yang terakhir adalah telur. Selain sangat mudah untuk dipersiapkan, telur rebus adalah cara termudah untuk mengisi kembali protein dalam tubuhmu. Karena 1 butir telur mengandung 6 gram protein tinggi serta 9 kandungan asam amino.

 Jadi tidak perlu makanan dan minuman mahal kan bila akan menjaga kesehatan tubuh sehabis puasa.



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip