Sekilas Info tentang BLUE TOOTH


Siapa yang tak kenal gadget"bluetooth,yang mungkin setiap gadget elektronik telah dipasang yang pada umumnya dipasang di Hand phone dan bisa juga dipasang diperangkat elektronik lauinnya tapi apakah sonat mengetahui hal-hal seputar blue tooth?


 Bluetooth menjadi teknologi yang sangat awam pada saat ini. Dengan adanya Bluetooth, menghubungkan antara satu perangkat elektronik dengan perangkat lainnya pun menjadi lebih sederhana. Seiring dengan perkembangan, berbagai perangkat pun banyak dilengkapi dengan Bluetooth. Dari handphone, komputer ataupun headset.

Meskipun sering menggunakan Bluetooth, apakah Anda tahu asal mula penamaan Bluetooth? Selain itu, terdapat fakta-fakta lain tentang Bluetooth yang jarang diketahui oleh orang awam. Berikut ini adalah fakta-fakta tersebut.

1. Penamaan Bluetooth diambil dari salah seorang raja Denmark yang bernama King Harald Blatand. Dalam pelafalan Inggris, nama tersebut dibaca King Harold Bluetooth. Raja ini berkuasa dalam kurun 958 hingga 986. King Harrald pun terkenal sebagai orang yang mampu menyatukan kawasan Denmark, Norwegia dan Swedia.

2. Teknologi Bluetooth pertama diterapkan oleh Ericsson pada tahun 1994. Perusahaan yang berbasis di Swedia tersebut mengadakan penelitian untuk mengetahui keuntungan menggunakan teknologi Bluetooth. Selanjutnya, bersama Intel, IBM, Toshiba serta Nokia, Ericsson menghimpun Special Interest Group (SIG) pada tahun 1998 dan selanjutnya mengeluarkan spesifikasi Bluetooth pertama kali di dunia pada tahun 1999.

3. Bluetooth merupakan salah satu sinyal radio. Sebagai sinyal radio, ternyata Bluetooth tidak cocok digunakan untuk sarana berkomunikasi. Hal ini terungkap setelah Andretti Racing Team menggunakannya. Dan, karena mengandung gelombang radio microwave, penggunaan Bluetooth dikatakan dapat menimbulkan permasalahan kesehatan.

4. Bluetooth memiliki range yang cukup luas. Sebuah perangkat Bluetooth, tetap mampu bekerja dalam jarak 10 meter. Bahkan dalam perkembangan terbaru, Bluetooth mampu bekerja dalam jarak 100 meter.

5. Saat ini, 95 persen handphone yang terjual memiliki konektivitas Bluetooth. Jumlah tersebut jauh meningkat dibandingkan tahun 2008 di mana hanya terdapat 5 persen yang ada di pasaran.

6. Bluetooth memungkinkan perangkat terbaru memungkinkan Anda menonton gambar pada layar TV Anda. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan laptop atau telepon selular melalui sambungan Bluetooth ke media penampil.

7. Percetakan dapat dilakukan tanpa kabel sekarang! Satu dapat mengirim file untuk mencetak dari Bluetooth memungkinkan komputer atau gadget mobile secara langsung ke printer dengan interface Bluetooth. Ada juga printer menggunakan kecil rumah yang mencetak foto warna dengan mengambil input nirkabel Bluetooth dari telepon genggam atau komputer.

8. Titik Multi terbaru pasangan Bluetooth diaktifkan antarmuka memungkinkan Anda terhubung dengan lebih dari satu perangkat Bluetooth, misalnya ponsel Anda dapat terhubung ke headset stereo Bluetooth dan komputer Anda pada suatu waktu

9. Salah satu perangkat Bluetooth tercepat berkembang di “tangan Bluetooth bebas” dan aplikasi keseluruhan terbesar kedua, tepat di belakang tangan bebas adalah “Bluetooth stereo audio”.

10.Banyak peralatan medis terbaru Bluetooth sedang memproduksi dan digunakan oleh rumah sakit untuk meningkatkan perawatan pasien.

11. Luas penggunaan Bluetooth berbahaya bagi kesehatan. Bluetooth menggunakan gelombang radio microware dengan rentang frekuensi 2,4 GHz untuk 2,4835 GHz dan output daya dari radio Bluetooth adalah 100 mW, 2,5 mW, dan 1 mW untuk kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 masing-masing perangkat. Kelas 1 hampir pada tingkat yang sama seperti ponsel adalah, class2 sedangkan kelas 3 dan jauh lebih rendah dari kelas 1 dan dianggap kurang dari potensi bahaya maka ponsel.

12. Masa Depan Bluetooth diharapkan memiliki poin Bluetooth informasi untuk saluran penyiaran, ini akan memulai penggunaan nyata dari Bluetooth di dalam ponsel dan mengaktifkan model iklan berbasis informasi menarik di sekitar pengguna dari titik info, dan tidak didasarkan pada model object push saat ini terbatas. Salah satu perusahaan terbaik bluetooth headset stereo yang diharapkan untuk unggul dalam bidang ini adalah Motorola dan Blackberry

13. Perangkat Bluetooth terbaru sekarang dapat memainkan peran “tuan” dan dapat berkomunikasi dengan sampai maksimum 7 perangkat sebagai “budak”. Kelompok ini dari 8 perangkat (1 master + 7 budak) disebut sebagai piconet. Pada setiap waktu yang diberikan, data dapat ditransfer antara tuan dan 1 budak, tetapi master beralih cepat dari budak budak secara bergiliran untuk melihat setiap permintaan transfer file lebih
sumber: http://www.tosu777.com/2012/10/5-fak...bluetooth.html
               http://koranbaru.com/12-fakta-menari...ang-bluetooth/
               http://www.kaskus.co.id/thread/5093d51ee674b4030400004f/5-fakta-dan-data-tentang- bluetooth/


 

1 komentar:

Unknown said... Replay

hmmm hbat jg bluetooth sayang netbook ane gk da blutooth xixi komn back yaw

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip