Tips AMAN Berkendaraan



Safety Raiding(SR) atau dalam istilah kita aman dalam berkendaraan merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi oleh tiap pengguna kendaraan dijalan raya baik pengguna motor/pengguna mobil.Dalam penerapannya SR mungkin hanya diterapkan para pengguna kendaraan hanya bersifat 1/2 hati saja tanpa ada kesadaran dalam penggunaannya,ini disebabkan karena belum menyadari betul bahwa dengan penerapan SR yang baik dan benar maka akan meminimalisir kecelakaan dan menjaga sau-satunya "nyawa" yang ada,betul tidak?.


Disini ada beberapa tips dalam penerapan SR bagi pengguna kendaraan bermotor di jalan raya:
  • 1.pusatkan perhatian
    pusatkan perhatian anda dan jangan terpengaruh sama pengendara lain yang tidak penting.patuhilah petunjuk petugas.rambu2 lalu lintas serta marka jalan(termasuk pejalan kaki yang ngasal)

    2.beri kesempatan pada orang lain
    ketika mendekati persimpangan anggaplah semua kendaraan seolah olah akan berbelok ke kanan mendahului anda.disini anda telah siap untuk menghindar.kalau mau aman,berilah kesempatan terlebih dahulu.


    3.jaga jarak
    jangan menempel rapat dengan mobil maupun sepeda motor atau kendaraan lainnya.karena bila kendaraan depan selip atau berhenti mendadak anda punya waktu untuk bersiap melakukan pengereman.

    4.atur kecepatan
    sesuai kecepatan dengan reaksi.terlebih di sore hari.sebab respon pengendara tidak secepat di pagi hari.

    5.waspadalah mobil di depan
    apalagi di belakang bus.amati penumpang di dalamnya atau gerak tangan kondektur.karena kendaraan trsebut bisa bergerak secara tiba2.

    6.di lampu merah (traffic light)
    sewaktu hijau menyala jangan langsung tancap gas.karena sikap tersebut sangat ceroboh dan sangat berbahaya.lebih baik liat di sekeliling kita dulu.kalau aman baru jalan.

    7.perhatikan kaca spion
    dengan begitu,anda bisa mendeteksi kendaraan lain dan pergerakannya di belakang..

    8.membaca arah mobil di depan
    perhatikan wajah pengendara melalui spion mobil tersibut.

    9.perhatikan pergerakan isyarat
    selain isyarat kepala dan pandangan,gerak tangan pengemudi juga bisa di deteksi.gerak mobil juga bisa di pantau melalui marka jalan.apakah semakin menjauh atau menutup garis putih.

    10.saat anda mendahului.
    sebelum mendahului buat jarak sambiul mengarahkan motor ke kanan.sehingga anda bisa melihat kendaraan lain di depan.lalu bunyikan klakson.kalo kurang yakin nyalakan lampu jauh
    (beam)

    11.ketika mendahului
    jangan terlalu mepet,karena jika kendaraan yang didahului tiba2 pindah jalur.anda dapat menghindar.

    12.di daerah padat lalu lintas
    di tingkatkan kewaspadaan,terutama terhadap angkutan umum.soalnya mereka tidak jelas pergerakannya.imho loh..

    13.di sela2 mobil
    jangan terlalu memaksa untuk menyalib melalui sela2 mobil.karena tidak ada ruang untuk bergerak..
    14.melihat fatamorgana
    bila dari jauh anda melihat fatamorgana.sekalipun suasana lalu lintas sangat sepi.tetap kurangi kecepatan kendaraan anda.mungkin saja itu oli,minyak atau aspal yang meleleh.

    15.waspada terhadap buka pintu mobil.
    bila melewati jalan yang banyak di parkir mobil.jaga jarak saat melintasi di sampingnya.

    16.melintasi rel kereta api
    uselalu taat terhadap palang pintu kereta api yang ada di jalan.kalau tidak ada,sebelum menybrang lihatlah kiri kanan.lakukanlah penyebrangan saat kondisi bener2 aman.
mungkin masih ada lagi tips-tips lain yang ada dalam SR tapi pada intinya"selalu waspada dan hati-hati dalam berkendaraan kunci keselamatan dijalan raya".

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip