cerita pembangun jiwa




berikut ini ada beberapa cerita yang dimungkin bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan jiwa sosial kita dan mudah mudahan ada HIKMAH yang dapat kita ambil dari cuplikan kisah2 di bawah ini

Akhlak Majikan dan Akhlak Budak


Abdullah bin Thahir bercerita: Pada suatu hari aku berada di sisi Amirul Mukminin al-Ma'mun, putra Harun ar- Rasyid. Dia kemudian memanggil pembantunya, seorang anak remaja Turki, "Ya ghulam!"

Anak itu datang dan berkata, "Tiap kali saya keluar dari sini, engkau selalu berteriak memanggil-manggil "ya ghulam". Sampai kapan panggilan ya ghulam, ya ghulam, kau serukan? Tidakkah seharusnya bagi seorang ghulam saat ini waktu makan dan minum?"

Al-Ma'mun hanya diam dan menundukkan kepalanya.

Aku mengira anak itu bakal dikenakan hukuman, tetapi ternyata tidak.

Al-Ma'mun kemudian mengangkat kepalanya dan berkata kepada budaknya itu, "Kamu mulai sekarang bebas (merdeka) karena Allah SWT."

Kemudian al-Ma'mun berkata, "Wahai Abdullah, bila seorang majikan berakhlak baik, maka akhlak pembantunya menjadi buruk. Dan bila ia berakhlak buruk, maka akhlak pembantunya menjadi baik. Namun tidak sepatutnya kita memperburuk akhlak kita agar akhlak pembantu kita menjadi baik!"

ada lanjutan nya sob

Akibat Kesombongan




Seorang pemuda kaya raya berthawaf mengelilingi Ka'bah. Ia dibantu oleh beberapa pengawalnya agar dapat melakukan ibadah itu dengan leluasa, tanpa berdesak-desakan.

Beberapa tahun kemudian, seorang ulama melihatnya sedang mengemis di pinggir jembatan. Ditanya, "Apakah yang terjadi?"

Pemuda itu menjawab, "Dahulu aku menyombongkan diri di tempat yang seharusnya orang merendahkan diri dan kini aku dihinakan Allah di tempat yang orang banyak menyombongkan diri."


Isteri Yang Taat Kepada Suami




Ada sebuah kisah, bahwa pada masa Nabi SAW ada seorang laki-laki yang akan berangkat berperang, yang berpesan kepada isterinya :

"Hai isteriku janganlah sekali-kali engkau meninggalkan rumah ini, sampai aku kembali pulang." Secara kebetulan, ayahnya menderita sakit, maka wanita tadi mengutus seorang laki-laki menemui Rasulullah SAW.

Rasullullah SAW bersabda kepada utusan itu : "Agar dia mentaati suaminya". Demikian pula si wanita, mengutus utusan tidak hanya sekali sehingga akhirnya dia mentaati suaminya dan tidak berani keluar rumah.

Maka ayahnya pun meninggal dunia dan dia tetap tidak melihat mayat ayahnya dan dia tetap sabar. Sehingga suaminya kembali pulang.

Maka Allah menurunkan wahyu kepada Nabi SAW yang berbunyi, Maksudnya : "Sesungguhnya Allah SWT telah mengampuni wanita tersebut, disebabkan ketaatannya kepada suaminya."

Ganjaran Recehan




Suatu ketika seorang kaya tapi kikir ingin bersedekah. Kebetulan di dalam sakunya ada sekeping uang receh seratus rupiah, yang sudah kehitam-hitaman. Uang itu segera dimasukkannya ke kotak amal di sebuah masjid.

Bertahun-tahun kemudian, setelah orang kikir itu meninggal dunia dan mengalami proses pembersihan di alam akhirat, ia tiba ke suatu tempat cukup nyaman dibandingkan dengan tempat yang selama ini ditinggalinya.

"Inilah bagian terkecil dari surga yang dijanjikan Allah SWT kepada kaum beriman. Tapi bagimu yang sudah lama bermukim di neraka, jelas merupakan anugerah besar," ujar seorang malaikat pengantar.

"Sungguh benar. Aku akan bahagia tinggal di sini. Namun berapa harga yang telah kubayar di dunia untuk tempat seindah ini?" Si kikir yang baru bebas dari siksa itu tersenyum-senyum.

"Cuma sekeping uang receh yang kau masukkan ke kotak amal." jawab malaikat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam nyepam dosa tau!!!,mari jadikan bloger indonesia lebih baik!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© 2009 Enthik Rulez[ E.R] | Powered by Blogger | Built on the Blogger Template Valid X/HTML (Just Home Page) | Design: Choen | PageNav: Abu Farhan
Suka enthik rulez? Follow @dikutip